Tips Bagi Yang Ingin Mengikuti Ujian CISSP

Saya mengetahui akan adanya ujian CISSP di Jakarta dari seminar yang diselenggarakan oleh PT Unipro di sekitar bulan Juni 2007.

 

Setelah mengetahuinya, saya langsung mencari tahu bagaimana mendaftarnya. Akhirnya saya mendaftar ke PT ITPro sebagai penyelenggara ujian tersebut.

Proses pendaftaran relatif mudah, saya hanya perlu mendownload formulir pendaftaran dari site ISC lalu mengirimkannya ke PT ITPro. Untuk proses pembayaran, PT ITPro membantu proses pembayarannya. ISC2 menyarankan untuk registrasi secara online dan membayar menggunakan kartu kredit agar prosesnya lebih cepat.

 

Pendaftaran saya lakukan di awal Agustus 2007.

 

Selama periode Juni hingga Agustus 2007, sehabis pulang kantor pada weekdays dan di weekends saya menetapkan waktu sekitar 3-4 jam sehari untuk mempelajari buku-buku tentang CISSP serta dokumen-dokumen yang training yang dapat diperoleh dari site ISC2. Tidak lupa juga saya mempelajari soal-soal latihan yang diberikan dalam buku-buku tersebut. Proses ini akan lebih mudah bila anda mengikuti pelatihan mengenai CISSP, namun saya memiliki keterbatasan anggaran untuk hal tersebut.

 

Berikut ini adalah beberapa buku yang sempat saya baca :

 

  • Shon Harris, “All in One CISSP Certification Exam Guide”, Third Edition, Osborne, 2005
  • Ronald L Krutz dan Russell Dean Vines, “The CISSP Prep Guide”, Second Edition, Wiley, 2004
  • Lawrence Miller dan Peter Gregory, “CISSP for Dummies”, 2nd Edition, Wiley, 2007

Beberapa materi ringkasan dari www.cccure.org :

  • Materi dari Ben Rothke
  • CISSP Aide Memoire dari Eric Allaire
  • Information Security Notes dari Michael R Overly, Esq.

Selain itu saya juga membuat ringkasan catatan pribadi :D

Berikut ini adalah beberapa tips bagi rekan-rekan yang ingin mengambil ujian CISSP :

 

  • Buat rencana kapan ingin mengambil ujian CISSP. Bila tidak ada di Jakarta ujian dapat diambil di Kuala Lumpur atau Singapura. Persiapan mengikuti ujian di luar negeri tentu saja sedikit berbeda bila dibandingkan dengan ujian di Jakarta. Perhatikan hal tersebut.
  • Registrasi. Saat konfirmasi registrasi, ISC2 akan mengirimkan sebuah email konfirmasi ujian, cetak dan bawalah email ini sebagai bukti pada waktu ujian.
  • Susun rencana waktu untuk belajar ujian CISSP. Jika anda ingin ujian bulan Juni, maka persiapkan belajarnya paling lambat sejak bulan April. Dan buat rencana berapa lama anda belajar per harinya , misalnya sehari 3 jam selama 2 bulan.

Stick to the schedule.

Berdasarkan pengalaman saya, belajar lebih dari 3 jam sehari sangat melelahkan.

  • Setelah anda selesai mempelajari materi-materinya, cobalah untuk berlatih soal-soal. Kunjungi site www.cccure.org untuk berlatih contoh-contoh soal.
  • Ulangi langkah 2 dan 3 hingga anda merasa menguasai materi-materi tersebut.
  • Ikutilah cramp session atau overview singkat semua materi ujian CISSP. Hal ini akan membantu anda mengingat materi-materi. Saya bersyukur karena dapat mengikuti cramp session yang diselenggarakan oleh PT ITPro, meskipun saya harus kabur dari kantor. :D
  • Periode waktu H-7 adalah masa tenang, jangan melakukan hal-hal yang berbahaya di periode ini. Bila tidak anda akan ditegur oleh Panwasda. :D
  • Surveilah lokasi berlangsungnya ujian, dan prakirakan waktu untuk menuju ke sana. Usahakan tidak terlambat datang, karena waktu ujian tidak akan diperpanjang bila anda terlambat. Untuk di Jakarta, anda harus memberikan waktu luang sekitar 30-60 menit, bila anda sesuatu kejadian yang mengakibatkan kemacetan.
  • Persiapkan alat “perang” anda seperti peraut, pensil 2B, penghapus pensil. Jika perlu beli 1 box pensil 2B dan raut semua. Belilah peraut yang bagus agar menghasilkan pensil yang tajam dan dapat bertahan lama.

Pastikan juga anda telah membawa email konfirmasi ujian dan dokumen identitas diri.

 

Jika bahasa Inggris bukanlah bahasa Ibu anda, maka bawalah kamus Indonesia-Inggris. Jangan membawa kamus elektronik.

Jangan lupa juga untuk membawa jam. Sangat tidak disarankan untuk membawa jam dinding. :D

  • Pada H-1, jangan lagi berusaha mempelajari semua materi tersebut. Yakinlah anda sudah menguasai semuanya. Jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup. Cobalah untuk tidur pada sekitar jam 21.00. Berusahalah untuk serileks mungkin saat menjelang tidur. Jangan lupa untuk berdoa terlebih dulu. Pada H-1 ini anda perlu mempersiapkan makanan yang akan dibawa pada hari H. Bawalah makanan yang mudah dimakan dan cukup mengenyangkan. Dan jangan lupa untuk membawa minuman.

  • Pada H-1 ini juga berhati-hatilah dengan makanan yang dimakan. Ingat ujian CISSP berlangsung selama 6 jam, anda tentunya tidak ingin ada masalah dengan kesehatan anda di waktu-waktu tersebut.

  • Pada hari H, sarapanlah yang baik sehingga anda dapat berkonsentrasi penuh selama 6-7 jam.

  • Hindari makan daging berlebihan, karena akan cepat membuat lapar dan mengantuk. :D

  • Berangkatlah lebih awal ke tempat ujian agar antisipasi terhadap kejadian yang tidak diinginkan. Jangan lupa berdoa sebelum berangkat ujian.

  • Setelah tiba di tempat ujian berusahalah untuk rileks, jangan berusaha untuk membaca materi-materi. Bila ada materi yang lupa, biarkan saja, berdoa saja agar soal mengenai materi tersebut tidak keluar.

  • Jika panitia menyediakan makanan kecil dan minuman, cicipilah sedikit. :D

  • Sebelum pengawas membacakan peraturan ujian, gunakanlah waktu tersebut untuk ke toilet dan menaruh barang-barang yang dibutuhkan di meja/kursi anda. Anda tidak diperbolehkan menaruh tas di meja/kursi anda, karenanya pastikan hal yang anda butuhkan telah anda taruh di meja/kursi.

  • Selama periode ujian, hanya satu peserta yang diperbolehkan untuk keluar ruangan di satu saat, karenanya bertoleransilah dengan peserta yang lain dengan tidak menghabiskan waktu setengah jam di toilet.

  • Jika pengawas memperbolehkan untuk membawa minuman ke meja, gunakan kesempatan tersebut dengan bijak. Anda tidak ingin ujian anda gagal karena kertas jawaban anda basah terkena kopi atau teh. Atau terkena noda makanan.

  • Berdoalah sebelum menjawab soal.

  • Bacalah soal ujian dengan baik dan berhati-hatilah memilih jawaban. Jawaban yang diminta adalah jawaban yang TEPAT dari semua jawaban yang ada, hal ini tidak berarti anda harus mencari jawaban yang BENAR menurut teori.

  • Jawablah semua soal, karena jawaban yang salah tidak akan mengurangi nilai anda. Jumlah semua soal adalah 250 buah, dengan 25 buah adalah soal ujicoba alias tidak akan dihitung. Namun jangan berusaha mencari 25 buah soal tersebut.

  • Satu jam sebelum waktu berakhir pastikan anda telah memasukkan jawaban ke dalam lembar jawaban. Yang akan dihitung adalah jawaban yang ada di dalam lembar jawaban. Hati-hatilah dengan hal ini.

  • Setengah jam sebelum waktu berakhir, bila masih ada soal yang belum terjawab, gunakanlah cara-cara magis untuk menjawab soal tersebut, seperti menghitung kancing, menggunakan koin, dsb. Berilah bulatan pada jawaban yang tepat dalam lembar jawaban. Pastikan semua soal telah terjawab.

  • Setelah ujian berakhir, rilekslah, anda berhak mendapatkannya.

  • Setelah H+7, ISC2 akan memberikan email yang memberitahukan hasil ujian anda. Jika email berawalan dengan kata “Congratulations”, anda telah lulus dalam ujian tersebut. Selanjutnya anda harus mengirimkan surat endorsement dari pemegang CISSP lainnya.

  • Langkah berikutnya adalah meminta endorsement dari pemegang CISSP, lalu mengirimkan endorsement dan resume kepada ISC2.
  • Setelah ISC2 menerima berkas-berkas tersebut, mereka akan melakukan verifikasi dan mencetak, serta mengirimkan paket. ISC2 akan mengirimkan informasi bahwa mereka telah menerima berkas dan memprosesnya sekitar H+5 sejak anda mengirimkan surat endorsement.
  • Lulus ujian CISSP bukanlah akhir dari sebuah perjalanan melainkan merupakan awal dari sebuah perjalanan menjadi profesional di bidang keamanan informasi.
  • Jangan lupa untuk terus belajar.

 

Ooopss saya telah menulis cukup panjang. Saya harus segera mengakhirinya. :D

 

Selamat menempuh ujian bagi rekan-rekan yang ingin memperoleh CISSP.

About these ads

3 thoughts on “Tips Bagi Yang Ingin Mengikuti Ujian CISSP

  1. Coba baca di sini deh :
    http://wer1family.wordpress.com/2007/09/25/are-you-human-stop-eating-meat/

    Berikut ini sebagian cuplikannya :

    Eating meat can also have negative consequences for stamina and sexual potency. One Danish study indicated that “Men peddling on a stationary bicycle until muscle failure lasted an average of 114 minutes on a mixed meat and vegetable diet, 57 minutes on a high-meat diet, and a whopping 167 minutes on a strict vegetarian diet.” Besides having increased physical endurance, vegans are also less likely to suffer from impotence.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s